Senin, 24 Oktober 2011

PAKAN AYAM AGAR CEPAT BESAR

cara yang kedua:
Jumlah makanan yang tidak mencukupi, dan atau ruang tempat makanan yang tidak sesuai untuk ayam kecil (D.O.C).
Periksa anak ayam selepas 2 jam selepas di sebar atau di masukan kedalam lingkaran, Pastikan anak-anak ayam tsb nyaman dalam suhu lingkaran brooder.

Pemeriksaan tembolo (crop) merupakan langkah yang berguna untuk menilai keberhasilan anak2 ayam dalam mencari atau mengkonsumsi makanan.



Caranya:
Pilih secara random atau acak, 100 ekor anak ayam dan sentuh atau raba pada bagian tembolok anak ayam.
Jika tembolok tersebut keras dan penuh dengan makanan, artinya ayam tersebut tidak minum secara sempurna maka tidak hanya makanan saja yang harus di perhatikan, Fungsi minuman juga sangat penting karena vitamin yang kita berikan pada pemeliharaan tersebut adalah lewat minuman, jadi sangat di anjurkan ayam minum dengan baik dan sempurna untuk menunjang pertumbuhannya kelak.

Dan perhatikan apakah tempat minum ayam tersebut pada posisi yang benar?? sehingga anak2 ayam tidak bisa mengambil air minum dengan baik?
yang harus di perhatikan adalah, coba lihat apakah tempat minum terlalu tinggi? atau apakah ayam kesulitan untuk mengambil air minum?
-----
Note:
Ayam minum di tempat makan
Kalau saya ketika ayam datang ke kandang, pertama ayam harus minum terlebih dahulu, dan gallon serta tempat makanan atau chick tray, semuanya di isi dengan air vitamin, dan biarkan ayam minum selama satu jam, ayam harus di giring secara terus menerus jangan sampai ayam tidur, setelah ayam minum selama satu jam maka selanjutnya saya akan mengganti tempat makanan dan akan di isi makanan, jadi sekurang2nya ayam sudah minum terlebih dahulu. seperti anda lihat dalam gambar di atas, gambar ayam di atas juga masih dalam kondisi minum, tempat gallon dan tempat makanan saya gunakan dengan mengisi air vitamin, agar ayam bisa minum vitamin dan antibiotik secara maksimal.
----


mari kita lanjutkan.
Jika tembolok amak ayam tersebut kembung dan penuh dengan air, maka anak ayam tersebut tidak mengkonsumsi makanan dengan baik? (ini kebalikan dengan yang di atas) kalau yang di atas ayam terlalu banyak makan dan kurang minum, tapi di sini ayam tidak makan dan banyak minum.

Jadi harus benar2 di perhatikan, maka hasil yang baik adalah tembolok tersebut harus penuh dengan makanan dan lembut (karena di isi dengan air) artinya jika isi tembolok lembut makan anak ayam telah mengkonsumsi makanan dan minuman, minuman adalah campuran vitamin dan antibiotik, jadi alangkah pentingnya fungsi makanan dan minuman untuk membantu proses pertumbuhan ayam yang cepat besar dan maksimal.

TERIMA KASIH

semoga info yang saya berikan bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar